KALA Network: Platform Web3 SocialFi dengan Konsep Baru di Solana

Solana Indonesia
3 min readDec 22, 2022

Halo SOLdier! Artikel mingguan Solana Indonesia pada edisi kali ini akan membahas seputar proyek pilihan dengan konsep baru pada aspek Web3 SocialFi, KALA Network, yang menawarkan komunitas investasi di mana setiap pengguna dapat memilih, berbagi informasi atau berbagai opini seputar pasar, dan bahkan berinvestasi bersama untuk keuntungan bersama guna menghindari rug pull dan penipuan. Platform ini memiliki keunggulan pada aspek investasi crypto sehingga jejaring sosial yang mereka kembangkan lebih berfokus pada investasi satu atap.

Alih-alih memposting status atau gambar seputar kehidupan sehari-hari di media sosial, pengguna KALA memiliki keunikan tersendiri dengan inisiasi dalam berbagi informasi terkait investasi seperti sinyal pasar, pengetahuan investasi, atau riset pada suatu proyek. Adanya bonus menjadi salah satu keuntungan utama yang ditawarkan platform SocialFi dibandingkan media sosial mainstream lainnya. Pengguna dan pembuat konten dapat memperoleh keuntungan uang langsung atas kontribusi mereka dan berbagi konten. Dengan adanya mekanisme reward, pengguna memiliki kesempatan untuk mendapatkan insentif untuk postingan konten berkualitas yang akan menarik minat banyak orang untuk membacanya.

Platform investasi satu atap KALA menyediakan banyak tool untuk memberikan dukungan penggunanya mulai dari berbagai artikel mendalam hingga strategi trading. Ini sangat berguna mengingat saat ini pasar masih menghadapi beberapa masalah karena terfragmentasi, volatil, dan relatif baru. Misalnya, untuk mempelajari informasi yang dapat dipercaya, investor baru harus mencari dan bergabung dengan berbagai saluran komunitas yang berbeda, sehingga sulit mendapatkan berita dengan cepat dan akurat. Selain itu, meskipun minat terhadap crypto sangat besar, tidak mudah bagi pemilik proyek untuk menemukan dan menjangkau komunitas investasi crypto dengan banyak anggota yang memiliki minat sama untuk mempromosikan proyek mereka. KALA Network menghadirkan solusi lengkap untuk mengatasi masalah ini bagi investor, pembuat konten, dan pemilik proyek dengan fitur luar biasa, diantaranya adalah:

Launchpad

KALA Launchpad dirancang untuk menjadi platform listing multi-chain untuk berbagai proyek crypto. Pengguna memiliki akses dalam memilih proyek favorit mereka untuk listing. Fitur ini menghadirkan lebih banyak peluang investasi bagi pengguna KALA dan juga membantu proyek yang telah listing memperluas basis pengguna mereka.

Sistem Workdrop & Social Reward

KALA Network menyediakan sistem menarik di seluruh platform, yang meningkatkan aspek sosial dan memungkinkan pengguna memperoleh penghasilan dari setiap aktivitas mereka. Khususnya kreator, mereka dapat memperoleh penghasilan dengan membuat konten premium atau sering juga disebut dengan create-to-earn. Selain itu juga pengguna dapat memperoleh penghasilan dengan melakukan interaksi dengan pengguna lain, fitur eksklusif ini disebut dengan engage-to-earn. Influencer juga dapat membangun fandom dengan pengikut setianya dan mendapatkan insentif/dividen dari konten yang mereka kurasi. Di samping itu juga pemilik proyek/pengelola dana mendapatkan fasilitas untuk terlibat dengan audiens dan mempromosikan proyek dan investor mereka.

Sistem Trading

KALA Network menyediakan sistem trading sosial yang lengkap dengan model pool investasi. Strategy provider terdaftar menggunakan sistem klasifikasi dan penilaian unik milik KALA. Pool investasi akan memungkinkan investor untuk berinvestasi ke dalam proyek untuk jangka panjang, sedangkan pool trading memungkinkan pengguna untuk mendapatkan keuntungan dari spekulasi harga dan volatilitas dalam jangka pendek. Trading akan diproyeksikan menjadi aktivitas dengan intensitas tinggi di seluruh ekosistem KALA Network.

Ekosistem tersebut memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan guild favorit mereka dan memilih pemimpin, pakar, peneliti mereka yang menyediakan strategi terbaik bagi guild untuk mendapatkan keuntungan investasi. Sistem guild dapat membantu mengklasifikasikan lebih lanjut basis pengguna ke dalam kelompok yang lebih kecil dengan minat yang sama. Selain itu, setiap guild dapat bersaing satu sama lain dalam aktivitas investasi di KALA Network, termasuk kompetisi trading, turnamen, crowdfunding, GameFi, transaksi NFT, dll. Selain itu, anggota guild dapat memperoleh bonus, lencana, gelar dengan bersaing dengan orang lain dan menampilkan nama mereka di Hall of Fame guild.

Di KALA Network, setiap pengguna juga akan memiliki identitas digital secara terdesentralisasi — profil Web3, yang identik dengan profil jejaring sosial pada umumnya tetapi dibangun melalui Web3. Profil pengguna tidak hanya mencakup informasi sosial tetapi juga pencapaian, lencana, aktivitas investasi, dan koleksi NFT yang unik. Dengan model all-in-one yang cukup impresif, platform ini diharapkan menjadi tempat yang ideal di mana setiap orang dapat dengan mudah terhubung, berbagi informasi satu sama lain, dan sebagian besar mencari peluang investasi. Saat ini, versi aplikasi KALA Network telah tersedia di iOS dan Android. Apabila SOLdier ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar KALA Network kalian bisa membuka website resminya di kala.network, juga dapatkan update terbaru lewat laman twitter resmi @kala_network

--

--

Solana Indonesia

Pembaruan, pengumuman, dan penjelasan; Pelajari lebih lanjut tentang teknologi, validator, partner dan komunitas Solana.