Marinade Finance: Protokol Non-Custodial Liquid-Staking Pertama di Solana

Solana Indonesia
3 min readFeb 2, 2023

Halo SOLdier! Dalam artikel mingguan edisi kali ini Solana Indonesia memberikan penjelasan secara komprehensif seputar Marinade Finance, salah satu proyek potensial yang bertujuan untuk membuat liquid staking tersedia untuk semua pengguna dan proyek di ekosistem Solana sehingga semua orang dapat melakukan staking dan trading, deposit sebagai jaminan, dan masih banyak lagi. Sebagai contoh ketika pengguna stake 100 token Solana (SOL) melalui Marinade Finance, maka mereka akan mendapatkan 100 mSOL token sebagai gantinya. Di balik itu semua, kami juga sukses melakukan menggabungkan semua token SOL yang dideposit dari seluruh pengguna, menghitung validator dengan bonus tertinggi juga menerapkan konsep desentralisasi dan pada waktu yang tepat mendelegate token SOL guna menghasilkan yield terbaik.

Biasanya, kalian harus menunggu sekitar 2 hari periode warm-up setelah menekan tombol “Stake” untuk mulai menghasilkan bonus dari token Solana (SOL). Dengan Marinade Finance, kalian dapat mulai mendapatkan keuntungan dari staking hanya dengan hold token mSOL karena token mSOL akan meningkat nilainya seiring dengan bonus yang diperoleh dari staking. Dengan cara ini, jika pengguna memutuskan untuk membatalkan stake atau swap mSOL dengan SOL setelah beberapa waktu, maka secara otomatis mendapatkan lebih banyak token SOL dibandingkan ketika awal melakukan deposit. Swap token SOL dan mSOL juga dapat dilakukan dengan mudah kapan pun kalian inginkan, memberikan likuiditas secara penuh dan kendali atas semua token. Tidak ada lagi periode lock-up untuk staking dan unstaking untuk sebuah token. Terlebih lagi, token mSOL dapat diperdagangkan di pool AMM kami atau dapat berfungsi sebagai pintu gerbang ke seluruh ekosistem Solana dan kemampuan DeFi-nya yang luar biasa.

Marinade DAO

Marinade DAO (mDAO) menerapkan sistem pengelolaan secara terbuka dengan transparansi secara radikal yang menjadi keunggulan mereka. Kalian juga bebas berkontribusi pada proyek (dan dapatkan berbagai macam hadiah!), cukup bergabung dengan Discord Marinade Finance dan terlibat dalam berbagai aktivitas termasuk menyuarakan pendapat, memberikan vote pada keputusan penting, dll.

Cara lain untuk bergabung dengan mDAO adalah dengan memiliki token MNDE, sebagai governance token yang akan mewakili vote untuk berbagai rencana masa depan di Marinade. dapat berpartisipasi dalam diskusi,

Opsi selanjutnya pengguna juga dapat bergabung setelah memperoleh NFT Marinade. NFT milikmu memiliki voting power. Untuk setiap MNDE yang dikunci di NFT, kalian akan mendapatkan jumlah hak voting yang sama. Misalnya, pengguna mengunci 50.000 MNDE dalam bentuk NFT, maka ia akan mendapatkan sebesar 50.000 voting power.

Marinade Token (MNDE)

Token MNDE dialokasikan untuk 3 kepentingan:

35% — Untuk Distribusi DAO, terutama didistribusikan melalui program Liquidity Mining mingguan. Pemegang Chef NFT juga dapat menulis dan memberikan vote pada proposal.

35% — Untuk DAO Treasury yang menjadi cadangan perbendaharaan yang akan digunakan untuk operasional, program hibah, dan kemitraan strategis. Treasury dikendalikan oleh multisig Marinade dan diatur oleh holder MNDE. Selain sebagai cadangan, treasury juga dapat menerima biaya protokol mSOL, termasuk fee staking rewards yang dihasilkan oleh protokol Marinade, dan dari biaya liquid unstake berasal dari Unstake liquidity pool.

30% — Untuk tim, menjadi alokasi untuk kontributor pada saat ini dan di masa mendatang yang dikendalikan oleh multisig Marinade. Token untuk tim harus melewati masa vesting selama 2 tahun.

Utilitas Token MNDE

Validator Gauge

Validator gauge menentukan alokasi 10% dari total SOL di Pool Stake Marinade. Setiap validator yang memenuhi syarat untuk stake Marinade dapat menerima stake SOL melalui gauge. Holder Chef NFT dapat menggunakan gauge untuk memilih validator favorit mereka, atau validator sekaligus holder Chef NFT dapat mengalokasikan lebih banyak SOL ke validator mereka sendiri. Gauge menampilkan weights agar holder Chef NFT dapat menetapkan jumlah MNDE yang berbeda ke beberapa validator.

MNDE Liquidity Mining Gauges

MNDE Liquidity Mining Gauges dibangun untuk memungkinkan DAO menentukan secara adil dan transparan ke mana harus mengirim hadiah emisi token MNDE ke protokol ekosistem. Melalui gauge, liquidity mining dapat dipilih oleh holder Chef NFT menggunakan gauge weight. Alokasi tersebut akan diperbarui setiap minggu.

Apabila SOLdier ingin mendapatkan MNDE, saat ini token tersebut telah listing di berbagai macam exchange terkemuka seperti Coinbase, Raydium, Gate.io, dan masih banyak lagi. Utamakan DYOR terlebih dahulu sebelum melakukan investasi. Untuk informasi lebih lanjut seputar Marinade Finance, kalian bisa membuka website resminya, juga dapatkan update terbaru lewat laman twitter resmi di @MarinadeFinance.

--

--

Solana Indonesia

Pembaruan, pengumuman, dan penjelasan; Pelajari lebih lanjut tentang teknologi, validator, partner dan komunitas Solana.